Minggu, 25 Desember 2016

Tommy Panca Nugroho



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
 
Salam Hormat,


Perkenalkan nama lengkap saya Tommy Panca Nugroho dan nama panggilannya yakni "Tom" untuk kalangan luar dan "Mi" untuk kalangan dalam hehe.

Saya adalah anak ke-3 dari 3 bersaudara dan artinya saya terlahir sebagai anak bungsu. Saya lahir bertepatan pada tanggal 01 bulan Juni tahun 1998, dimana kala itu Indonesia sedang mencekam akibat tidak normalnya kondisi dari politik-sosial-ekonomi yang sedang terjadi, yang juga akhirnya berdampak pada masa "pertumbuhan masa bayi saya". Masa kecil saya sepenuhnya dihabiskan di kampung kota, saya turut merasakan beberapa permainan tradisional, tetap mengenal lingkungan permainan yang erat berhubungan dengan benda alam, namun tidak terlalu fanatik dengan kearifan lokal karena yaa kota sudah banyak kehilangan nilai-nilai lokalnya disebabkan budaya modernisasi hehe. Saya sangat suka sekali terhadap alat musik islami yakni Hadroh/Marawis, bisa buka youtube (Hadroh Habib Syech) dan saya juga hobby menunggangi kendaraan motor roda dua untuk sekedar melepas beban dengan berkeliling dengannya dan saya juga hobby main PES hehe. Walau postur saya yang bisa dikatakan besar (182 cm) namun saya sangat amat tidak menyukai hewan yang berbentuk lebih kecil dari ukuran telapak tangan saya, entah kenapa, geli hehe. Saya pulang di daerah "Talang Buruk Perumahan The Green Paradise Blok F6" nuhun kalo mau silaturahim hehe, dan saat ini saya aktif menjadi Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Indralaya) Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jurusan Sosiologi, berjarak 32km dari Palembang hehe, itu jadi salah satu penyebab kalo suka tidak hadir di agenda IPM Palembang, hhee.

Btw, saya bukan orang yang pemalu namun saja ya kalau tidak kenal atau belum kenal wajar kalau tidak saling sapa hehehe, oleh karena itu mari ta'aruf lebih dalam.

Jenjang Pendidikan, TK (dibelakang SMP 03 Palembang), lanjut enam tahun di SD Negeri 17 Palembang, kemudiam tiga tahun di SMP Negeri 33 Palembang dan tiga tahun di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Sebelumnya, sempat mengikuti test masuk ke SMA Negeri ** namun gagal, karena dikalahkan oleh 'mereka' yang punya sesuatu yang lebih, hehe. Tidak menyerah! Kemudian langsung segera mencari destinasi lain, akhirnya bertemulah diriku dengan dirinya (smamsa)

[08 Juli 2013] Resmi! Jadilah seorang pelajar yang bersekolah di Muhammadiyah.

Singkat cerita, tak lama setelah masa Forum Ta'aruf Siswa ( Fortasi),  diadakan acara pemilihan Bujang Gadis Muhammadiyah (BGM) smamsa, dengan modal nekad dan hasutan teman satu kelas serta iming-iming hadiah "tunai" wkwk, ikutlah diriku dengan modal suara sederhana dan balutan senar yang mengiringi sebagai bakat yang akan ditampilkan, semua berjalan dengan lancar, namun ya bom! kemudian setelahnya tidak menang~
-tidak apa masih kelas 10, hitung-hitung belajar tampil di depan orang lain-

Tidak lama dari kegiatan itu, diadakan kegiatan besar oleh IPM Ranting Smamsa, yakni Pelatihan Kader Taruna Melati Dasar (TM) yang diperuntukkan untuk kelas 11 dan kelas 10 terkhusus. Sebenarnya saya tidak terlalu bersemangat untuk mengikuti organisasi tersebut, karena saya menganggap hal itu akan menghambat proses belajar saya kedepan. Setelah serangkaian kegiatan dilaksanakan dan semuanya diikuti dengan saksama, tibalah kegiatan puncaknya yang bukan lain adalah Musyawarah Ranting. Bom! Sangat diluar dugaan, saya terpilih menjadi 1 dari 9 orang formatur dan 1 dari 2 orang yang masih kelas 10 dikala itu yang berhasil menyingkirkan banyaknya siswa-sisiwi Smamsa dikala itu.

-Fix 9 Formatur dan saya dipercayakan mengemban atau dijadikan sebagai ketua bidang kewirausahaan pada saat itu-


Setelah 1 Periode mengabdi, kemudian kembali lagi diadakan Musyawarah Ranting pada tahun 2014 yang akhirnya membuat sejarah baru dalam hidup saya, Alhamdulillah wa Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, saya terpilih dan dipercaya sebagai ketua umum IPM Smamsa, yang akan bertugas untuk menaungi ribuan siswa-siswi yang bersekolah disitu bersama rekan-rekan IPM lainnya, awalnya dirasa sangat terasa berat mengingat tantangan yang akan dihadapi kedepan, mulai dari orang yang tidak suka dan yang memusuhi, kemudian berusaha mencoba merangkul keseluruhan anggota, membuat dan melaksanakan program kerja, menyelesaikan dan memecahkan konflik internal maupun ekaternal, menjaga agar tetap berhubungan baik dengan warga sekolah terkhususnya guru, dan terlebih lagi smamsa yang terbelah menjadi 2 gedung yang acap kali terjadi perbedaan ideologi.

-Tidak pernah terbesit ingin menjadi seorang pemimpin dikala itu bahkan masuk ke smamsa pun karena tidak lulus sekolah yang ditargetkan di awal-

Ini takdir Allah? Ini mungkin jalan Allah.
Karena memang sebelumnya saya masuk dalam kategori "Separatis" di kalangan remaja, yang jauh dari nilai budaya bangsa.


1 periode berlalu,
sangat banyak hal yang telah dilewati,
menyadarkan saya pada satu hal,
ini belum seberapa dibanding mereka yang telah lebih dari sekedar ini diluar sana.
#Respect

Intinya, saya sangat berhutang budi terhadap IPM dan sangat banyak sekali.

IPM, bongkar kehidupan kelam saya.
IPM, menjadi cambuk yang keras untuk saya berubah lebih baik.
IPM, insyaallah selalu bermanfaat.
Aaamiiinnn

Riwayat IPM:
1. Ketua Bidang Kewirausahaan IPM Ranting SMA Muhammadiyah 1 Palembang (2013-2014)
2. Ketua Umum IPM Ranting SMA Muhammadiyah 1 Palembang (2014-2015)
3. Anggota Bidang Kajian Dakwah Islam (KDI) PC IPM Ilir Timur 1 Palembang
4. Anggota Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP) PD IPM Kota Palembang


Syukron Kaatsiroon telah berkenan membaca ini, sadar banyak kesalahan dan kekhilafan dalam penulisan ini, oleh karenanya saya memohon maaf dan kepada Allah saya memohon ampun.

Manusia biasa, yang selalu salah, tegurlah dan rangkulah bila telah jauh dari arah yang semestinya☺


Akhirull Qalaamm

Nuuuumnnn Walqolamii Wamaa Yasthuruuunn
Wassalamualaimum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar