Selasa, 13 Desember 2016

Over Mexi



Sebelum kita memulai segalanya! 
Seperti kata emak ada baiknya kita mengcapkan

Bismillahirrohmanirrohim..

Assalamualaikum. Wr. Wb


Yow WhatsZap!

 
Okay my friend! Please your attention.
I want to tell about something story, emm yeahh cukup sekian bahasa inggrisnya!

Oke gaess!
Sabang sampai Merauke,

Hai !!!
Teman-teman, saudara-saudari, para insan, darah muda, remaja masa kini, remaja Indonesia yang nantinya akan meneruskan orang-orang hebat saat ini. Yaa nantinya kita menggantikan pendahulu kita sekarang. Entah jadi presiden, jadi soulmate nya presiden, kelompok barisan para mentri, jadi tentara, jadi polisi, jadi polwan, jadi dokter, jadi guru dan lain-lain dah pokoknya! Seluruh profesi yang lo cita-citakan. Yah semoga semua impian kita para pembaca tulisan ini terwujud tercapai sebagaimana mestinya. Aamiin! Sip mantap!

Yeahhh! Perkenalkan bagi yang belum kenal gue atau gue yang sebenarnya belum kenal kamu sampai sekarang atau jangan-jangan gue yang belum dikenal sama-sekali? yaudah gih!
Yok kenalan kali aja tepat. InsyaAllah!


Perkenalan? Bener nih?
Serius nih serius gue mau perkenalan, yow mulai!

Pada 20 tahun silam bertepatan dengan hari ahad (minggu) 19 Mei lahirlah seorang bayi laki-laki dengan bobot 4,9 Kg memegang rekor bayi paling berat yang pernah didapatkan oleh Bpk. Yanmar dan Ibu Ermawati yang lahir secara tidak tepat waktu karena ibu Ermawati ketika itu sedang dalam perjalanan dengan menumpangi kendaraan speedboat ketika melawati sebuah daerah muara sungai tepatnya Sungai Lumpur si bayi pun memaksa untuk keluar tanpa memperdulikan sang ibu yang ketika itu sedang dalam perjalanan. Dengan situasi yang rumit dan mencekam melalui proses yang sangat panjang dengan bantuan bidan dan dukun beranak semua terlewatkan.

Daerah tersebut masuk dalam daftar daerah yang cukup terpencil jadi jangan nanya
“kenapa si ibu enggak dibawa kerumah sakit aja?”
atau nanya “kenapa enggak manggil dokter aja?”
pertanyaan itu ibaratkan lo nanya “kenapa nelayan enggak nyari ikan di sawah aja?”
Yah, tanyakan pada hati nurani masing-masing!

Boro-boro mau nyari rumah sakit nyari dokter ketemu bidan aja itu pun sudah sangat luar biasa pada saat itu. Yaa bisa dibayangkan bagaimana tempat dan suasana pada saat itu yang masih berlatar tahun 1996 dan terjadi disebuah daerah terpencil.

Singkat paragraph, si bayi pun lahir dengan nama Over Mexi
Gue harap enggak ada yang nanya apa artinya nama itu sebenarnya karna kalau gue harus jelaskan sekarang gue enggak mulai-mulai kenalannya nih! -__-“
 
Tapi tenang gue tentu enggak mau mengecewakan para penanya. Yak! Yang tadi nanya dan penasaran arti dari nama Over Mexi bisa tanya di kakek google atau bisa cek langsung di postingan perdana blog >> mexsbro.blogspot.com
Yehh! selesai…
        
Berhubung kali ini menceritakan tentang diri sendiri jadi kita mulai dengan “gue” yowww..
 
Gue! Adalah seoarang putra daerah yang berasal dari pantai timur pulau sumatera bagian selatan, Indonesia. Sebuah daerah sangat terpencil yang dimiliki Indonesia! Memiliki hamparan birunya air laut dan birunya langit yang luas terbentang sejauh mata memandang.

Daerah tersebut bernama Dusun Sungai Kong yang biasanya disebut pantai timur! Kehidupan masyarakat disana cukup berkembang walau agak sedikit tertinggal karena keadaan sarana dan prasarana yang masih terbatas seperti belum adanya listrik, sulitnya air bersih, akses transportasi yang terbatas, dan yang paling menjadi beban bagi gue sendiri ialah tingkat pendidikan yang masih sangat rendah. Kesadaran yang hanya diarahkan untuk mencari uang dari pada pendidikan! Kalau menikah diusia mudah sudah menjadi hal yang tabuh hal itu menjadi siklus hidup yang dijalani berulang setiap tahunnya dari orang tua ke anak lalu anak nikah terus punya anak dan anaknya nikah gitu-gitu aja terus sampai pergantian presiden ke 20.

Tapi walau bagaimana pun, walau daerah tersebut bukan asal dari orang tua bukan tempat gue lahir, tetap! Sungai Kong tetap menjadi kampung halaman bagi gue tempat dimana masa kecil gue habiskan. Masa dimana gue mandi disungai sampai lupa waktu pulang masa dimana gue suka masuk hutan diam-diam demi sensasi bermain perang-perangan masa dimana kita sering main tanah untuk dibuat mainan masa dimana gue jadi bos tertinggi para anak-anak cowok pada saat itu masa dimana gue selalu jadi pelopor permainan dan gue adalah pemegang kendali permainan dimasa itu, itulah alasan kenapa semuanya harus jadi temen gue! Disitu gue serasa jadi Adoft Hitler.

Kehidupan masa kecil gue dihabiskan didaerah muara sumatera pesisir pantai laut lepas yang berhadapan langsung dengan pulau Bangka Belitung!
Dimasa kecil, over mexi adalah seorang anak yang hobi makan dengan tubuh yang cukup gendut dan memiliki sebagian besar bobotnya di pipi! jadi jangan kaget kalau liat foto kecil gue yang terlihat seperti orang sakit gigi kiri kanan. Selain itu anak kecil ini memiliki sejarah sebagai seorang anak dengan senjata andalan, nangis! Dan yang membedakan dari anak lainnya saat dia nangis itu ber-episode hingga apa yang di mintanya dipenuhi barulah episode nangisnya tamat, kalau belum dipenuhi jangan harap episode nya akan hilang begitu saja. Lalu ini anak adalah anak yang paling sering sakit paling banyak maenan paling banyak tingkah dibanding saudara-saudaranya lain! Whehe.

Gue adalah anak yang paling beruntung dan merasa menjadi orang yang paaaaaling bahagia didunia karena dikelilingi oleh orang-orang yang begitu hebat dengan kasih sayang serta ketulusan mereka yang unlimitid! 

Yeah, over mexi!
Seorang anak yang terlahir dari keluarga sederhana yang memiliki cerita perjuangan begitu panjang! Dimulai dengan bertemunya ke 2 malaikat hidupnya sekitar tahun 90an dipersatukan tanpa ada proses yang panjangan nan rumit bahkan kagak melalui hal yang kebanyakan orang lain lakukan yaitu pacaran terlebih dahulu, orang tua gue kagak! mungkin ini juga motivasi kenapa jomblo menjadi pilihan saat ini. Setelah bersatu dalam tali ikatan pernikahan, ortu sudah mulai berjuang ber2 tanpa bantuan orang tua mereka masing-masing! 

Hijrah mengadu nasip ke daerah lain dengan semangat berdagang. Mulai dari berjualan sayur-sayuran, hidup di atas perahu untuk berjualan dari kampung ke kampung, berjualan pakain dengan berjalan kaki menyusuri sepanjang rumah penduduk yang terlihat, berjualan dengan sepeda ontel menjajahkan barang kredit walau harus rugi setiap pekannya, menetap di sebuah daerah lalu membangun tempat tinggal dengan harapan mendapat rezeki yang lebih dari sebulumnya. Tahun ke tahun berganti musim berganti begitupun dengan jenis usaha yang dicoba! Rumah ke rumah dengan berjalan kaki menaiki perahu! Dari jual kecambah, es bungkus, pakaian, kosmetik, kebutuhan sehari-hari, alat mesin diesel, alat rumah hingga perabotan rumah. Ibu menjajakan barang kreditnya dan ayah menjadi nelayan! Yaa semua itu pernah dilakukan ortu kita dengan alasan hanya ingin anak-anaknya nanti memiliki hidup lebih baik dari mereka! Yaa nyeritain hal ini bikin gue cengeng sebagai cowo. Heaaah, lupakan!

Urutan ke 3 dari 4 saudara menjadi posisi yang sangat strategis yang gue dapatkan! Lengkap! Punya abang yang sangat suka game dan jago gambar namanya yang paling panjang di antara kita "Fony Yoka Yogit Saputra" lalu seorang mbak yang cantik pinter masak dan paling ahli beres-beres rumah dan paling suka foto sangking seringnya berfoto gue kadang-kadang kesel tingkat dewa ketika yang megang kamera dan fotoin dia itu gue namuanya "Ica Anggun Sari" lalu seorang adek cowok yang suka silat punya cita-cita yang gonta-ganti setiap bulannya dan dia punya postur tubuh yang cukup ideal dan cukup tinggi sampe-sampe lebih tinggi 3cm dari gue selain itu dia adalah anak yang paling item di antara kita bertiga tentu hal ini sebuah keuntungan membuat gue jadi lebih keren dari pada dia, namanya "Harve YR" Finish!

Pada tahun 2009 pendidikan dasar gue pun berakhir dan hal itu menjadi awal mula cerita pertualangan gue sebagai seorang anak laut pun dimulai di daratan kota Palembang dan terpilihlah SMP Muhammadiyah 4 sebagi kelanjutan tempat gue bertualang menempuh pendidikan untuk mewujudkan semua yang gue impikan.

Pertama tiba di palembang siangnya gue langsung di temani mbak untuk daftar di SMP Muhammadiyah 4 besoknya pun langsung mengikuti tes lalu lulus tak lama dari situ kita pun masuk untuk mengikuti MOS di sekolah muhammadiyah itu namanya Forum Taaruf Siswa (FORTASI) dan gue pun enggak bingung apalagi mempermasalahkan apapun itu namanya seperti hal nya nama gue yang enggak perlu gue cari tahu artinya.

selama beberapa hari fortasi dilalui dengan lancar sampai akhirnya ada sebuah materi yang disampaikan seoarang mbak cantik memakai jas berwarna kuning terang menjelasan dengan penuh semangat apa itu IPM. Boom! Entah gimana detile cerita saat itu yang paling gue ingat adalah saat itulah gue memiki apa itu rencana dan sebuah keinginan! Dan keinginan gue saat itu "gue harus ada didepan seperti mbak itu" walau harus bicara hal yang belum di ketahui bodo amat! yang penting suatu saat gue harus berada didepan dihadapan para murid-murid baru. Tanpa alasan apapun!

Dari keingingan sederhana itu tanpa alasan yang jelas dan bersikap masa bodo dengan segala konsekuinsi akhirnya gue pun resmi menjadi pengurus IPM. Berjalannya waktu 2 tahun pun gue lalui di IPM ranting! Selama berIPM di ranting gue ukir beberapa hal yang masih bisa dirasakan para penerus kami hingga sekarang dan yang menjadi catatan sejarah bagi gue sendiri adalah kelas 8 sudah mengikuti PKTM 2 menjadi satu-satunya kader SMP saat itu yang masih berIPM hingga sekarang.
  
Setelah 3 tahun berlalu akhirnya gue pun meninggalkan SMP tersebut dengan hormat dan diingat secara terhormat. Lanjut pendidikan ke Madrasah 'Aliyah Negeri 2 lalu sekarang adalah seoarang mahasiswa ekonomi dengan jurusan bisnis manajemen semester 3!

Sisa cerita!
Bisa dibayangkan bagaimana 3 tahun yang gue lalui sebagai seorang pelajar mengengah atas (SMA) di sekolah non muhammadiyah tapi tetap berIPM bahkan ketika baru masuk 3 bulan kelas 10 sebagai siswa SMA non Muhammadiyah terpilih secara tidak sengaja menjadi seorang ketua cabang.

Seorang pelajar yang sekolah di sekolah negeri
Ketua cabang?
ntu, begihmana ceritanyak?



Dari SMP kelas 7 hingga sekarang kuliah semester 3
bisa di bayangkan bagaimana gue kalau sudah cerita tentang IPM 
Apalagi kalau sudah cerita tentang hati, udah jangan diragukan lagi!
langsung dah...........


Jiahhhhhh!!!!
Tenang, walau gimana pun jomblo masih menjadi pilihan kok.

Masih penasaran dan mau tahu & pendekatan lebih banyak
Silahkan cari IPM Palembang terlebih dahulu
setelah itu lo akan bertemu gue dengan sendirinya. Hehe! :v




Salam hangat,
Asisten Konoha




Nuun Walqolami Wama Yasthuruun
Wassalamu'alaiukum. Wr. Wb

7 komentar:

  1. Setelah kenal berapa lama, baru tau kalo ka mexi alumni smp 4 wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahhh ternyata cuma masalah alumni ini wkwk

      Hapus
  2. Gue suka gaya loe.... oke brayyyy

    BalasHapus
  3. Kak Arman : yoww cool!Wkwk. Mantap, nambah semangat ini kalo senior yang pernah buat buku sudah suka whehe

    BalasHapus
  4. Saya sangat berharap, teman teman IPM Palembang rajin membuat tulisan. Dalam bentuk apapun itu, cerpen kah atau karya ilmiah. Yang paling penting proses dalam membuat tulisan itulah yang menjadi pengalaman serta penambahan ilmu yang sangat luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ini menjadi langkah awal kami kanda, langkah awal untuk menghasilkan sesuatu yang dapat dinikmati siapa saja dan dimana saja. InsyaAllah blog ini menjadi langkah awal kami walau tulisan ini tidak berarti apa-apa tapi kami yakin dari sebuah tulisan dapat menggerakkan orang melakukan hal luar biasa! *apenih! Hehe :v

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus