Sabtu, 10 Desember 2016

Alda Feliani


Assalamualaikum. Wr. Wb


IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) organisasi yang belum lama ini gue ikuti dan disinilah sedikit demi sedikit merubah kelakuan dan pola hidup gue. Awalnya gue cuman iseng-iseng pengen ikutin organisasi ini biar ada kesibukan dikit tapi lama-lama gue malah kecantol malah ketagihan, hahaa lebay banget yah.
 
Oh iya sebelumnya gue lupa ngenalin diri seperti kata orang tak kenal maka tak sayang tak sayang maka tak cinta tak cinta maka ta'aruf hehee... Okee pertamanya kenalin nama gue Alda Feliani biasa di panggil Alda. Sebenernya baru di Palembang ini gue di panggil Alda karna selama gue di jawa gue di panggil Londo mulai dari temen, tetangga, ibu-ibu, sampe seluruhnya. Entah kenapa gue bisa di panggil begitu dan siapa pencetusnya?  Sampe sekarang itu masih jadi misteri waw hahaa...
Tapi sekarang yg terpenting gue di panggil Alda lagi disini.

Gue anak pertama dari dua bersaudara gue punya adik yang namanya lumayan panjang banget paling banyak dari keluarga gue. Namanya Gheska Allicia Trisedia Zanhara. Panjang bangetkan? 4 gerbong sedangkan gue cuman 2 gerbong. Lanjut, gue lahir darah blasteran cielah.. Blasteran keturunan selapan dan pedamaran maksut gue, hehee.. Gue lahir tanggal 31 Desember 1998 di Tangerang, yah gue emang lahir tanggal itu dimana detik-detik mau tahun baru nanggung banget yah? Mau gimana lagi emang takdirnya udah gitu. Kalo ngomongin soal kelahiran gue denger cerita dari orang tua itu lucu bener. Karna waktu itu keluarga besar gue lagi liburan ke puncak semua dan mama gue diajak pergi tapi mama gue nolak gara-gara lagi hamil besar. Jadinya yah ortu gue tinggal ehh gak tau waktu keluarga gue yang lain udah di puncak ternyata gue udah mau muncul aja. Jadinya kata mama gue untung waktu itu enggak ikut ke puncak, kalo misal ikut pasti gue udah lahiran di puncak dan berabe deh jadinya. Hahaa lumayan rada lucu juga sih walaupun sebenarnya menurut kalian yg baca gak penting.

Gue sekarang tamatan S3, wihh hebat.. S3 maksut gue SD, SMP, SMK. Sebelum itu gue juga pernah nikmatin suasana TK walaupun cuma 1,5 tahun sedangkan yang lain harusnya kan 2 tahun. Gue dari TK Iskandar Said Surabaya, SDI Iskandar Said Surabaya, SMP Dharma Wanita Surabaya, dan SMK Muhammadiyah 3 Palembang, sekarang gue lanjutin pendidikan diperguruan tinggi Politehnik Negeri Sriwijaya. Kalo diliat dari riwayat pendidikan yah emang gue lama di jawa. Udah gue bilang diawal tadi kan gue nyebut-nyebut jawa. Gue baru pindah ke Palembang waktu tamat dari Smp dan ngelanjutin Smk di Palembang. 

Gue lanjut di SMK Muhammadiyah 3 Palembang sedikit flashback nih yah, dulunya gue gak mau diajak pindah ke palembang karna berat buat gue untuk ninggalin semua yang ada di surabaya. Karna dari gue kecil waktu gue umur 2 tahun udah diajak pindah dari tangerang ke surabaya dan sampe umur 14 tahun. Jadi bisa dibayangin dikit dong kenapa dari awal gue gak mau di pindahin ke palembang? Gara-gara gk mau pindah nih gue sampe-sampe sempat minta masuk di pondok pesantren aja, karna dari pada gue harus pindah ke palembang mending sekalian aja gue jauh sama semuanya. Akhirnya mama sempet setuju, om dan tante juga langsung nyariin ponpes the best buat gue. Mama sampe beliin perlengkapan untuk di ponpes dan baju ala-ala anak ponpes gitu kayak rok sama jilbab. Loh kok rok? Iyaa dulu nya gue gak pernah punya rok punya sih cuman itu rok untuk sekolah doang karna dulu gue sempet jadi cowok eh maksut nya cewek tomboy gitu, tapi sekarang udah berubah 180° drastis jadi cewek. Tenang sekarang gue 100% inshaallah udah istiqomah jadi cewek hehee.. Balik lagi ke ponpes, mungkin karna mama gak yakin sama anaknya sendiri takut anaknya yang terkenal manja ini tiba-tiba langsung disuruh hidup mandiri jadi alhasil gue batal masuk ponpes. Yahh batal deh, huffttt...

Dulu gue sempet berfikir kalo gue pindah ke palembang kira-kira gue bisa beradaptasi gak yah? Gue bisa dapet temen gak yah? Gue kan orangnya agak susah berbaur pasti gue bakal jadi orang yg pendiem. Tapi ternyata itu berbeda banget gak seperti ekspektasi yg gue pikirin. Yapp disinilah awal kehidupan baru gue di mulai. Di SMK Muhammadiyah 3 inilah gue mulai mengenal tentang muhammadiyah, gue mulai mengenal organisasi-organisasi yang ada di muhammadiyah, yap salah satunya itu IPM.

Di Muhammadiyah inilah banyak hal-hal yang enggak gue dapet di sekolah dulu dan pengalaman-pengalaman baru. Di muhammadiyah inilah gue bisa membuat bangga diri sendiri dan tentunya orang tua gue. Salah satu hal yg membanggakan adalah saat kelulusan sekolah kemarin gue mendapatkan Juara Umum terbaik 2 tingkat sekolah dan juga masuk 5 besar siswa berprestasi dan Tahfiz Juz 30 tingkat Muhammadiyah se-Kota Palembang itu suatu kebanggaan tersendiri bagi gue karna selama ini gue gak pernah nyangka kalo gue bakal bisa menjadi seorang hafizoh dengan juz 30 yah walaupun cuman juz amma dan diluar sana banyak lebih dari gue. Tapi itu salah satu yg bakal jadi tolak ukur untuk kedepannya, bekal untuk di akhirat kelak dan sbagai tanggung jawab untuk nanti.

salah satu alasan pencapaianku sampai saat ini adalah IPM. Di IPM inilah  diriku mulai berubah, mulai dari sikap, pola pikir, gaya dll, berubah menjadi yg lebih baik lagi tentunya. Karna dari ipm inilah sedikit demi sedikit gue mulai belajar yang belum gue tau. Awalnya gue gak nyangka kalo bakal lanjut di IPM sampe sekarang, walupun gue udah gak lagi sekolah di muhammadiyah ataupun kuliah di universitas muhammadiyah. Perjalanan yang mungkin begitu panjang mulai dari di Pimpinan Ranting sampe sekarang di Pimpinan Daerah. 

Tapi tak lupa ini juga salah satu dorongan dan bimbingan juga nasehat dari guru yg begitu mendukung gue yang juga selaku pembina IPM di PR IPM SMK Muhammadiyah 3 karna beliau lah gue mengenal IPM dan mulai bergelut tentang IPM. Gue belajar apa itu IPM, apa saja yang ada di ipm, gue mulai belajar dengan yang namanya surat menyurat, belajar berbicara di depan orang banyak, belajar menyampaikan suatu ide suatu pendapat, dan masih banyak hal lagi. Banyak lika-liku perjalanan yg dialami selama berIPM, yapp salah satunya yaitu larangan dari orang tua. Selama berIPM kesulitan yang sering gue alami yaitu bertentangan dengan orang tua gue. 

Nah tapi walaupun gue udah di tentang nih gue tetep aja masih aktif di IPM sampe sekarang. Kok bisa yah? Padahal kebanyakan dari kita pasti langsung mundur ketika yang bermasalah dengan orang tua tapi ini gue malah tetep aktif2 aja walaupun udah dilarang sampe-sampe orang tua gue pernah nelpon ke ketum PD. Waww segitunya yah ortu gue? Tapi gue yakin apa yang gue lakukan sekarang itu akan membuahkan hasil yang baik walaupun bukan sekarang tapi suatu hari nanti entah kapan akan menikmati hasilnya. Seperti kata pepatah "apa yang kita tanam itulah yang kita petik". Perjalanan masih panjang, selagi kita bisa? mengapa tidak!






Nuun Walqomai Wama Yasthuruun

Wassalamualaikum. wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar