Sabtu, 10 Desember 2016

Ahlan Zulfikar



Assalamualaikum. Wr. Wb


Sahabat Ikatan Pelajar Muhammadiyah dimana pun berada! 

Disini saya akan menceritakan pengalaman saya bagaimana bisa bersama IPM. Tapi terlebih dahulu saya akan perkenalan, baiklah perkenalkan nama saya Ahlan Zulfikar biasa di panggil ahlan! Alan atau yang lebih singkat adalah lan. Saya lahir di palembang tepatnya pada tanggal 1 April 1998 (zaman krismon) atau Krisis moneter, ya saya lahir pada saat indonesia sedang krisis moneter pada saat itu. Alamat saya di Jl. Mayor Zen Lr. Mawaida no.32 Seilais, Kalidoni Palembang 30119.

Riwayat pendidikan saya, saya sekolah pertama kali pada saat umur saya pas 5 tahun tepatnya tahun 2004 di TK Darussalam Cipondoh di kota Tanggerang Banten selanjutnya saya melanjutkan ke jenjang SD saya memilih SDN Cipondoh 8 karena dulu sekolah dasar tersebut banyak di minati orang karena sekolahnya yang bagus ter-akreditasi yang baik juga. Sampai menduduki bangku kelas 3 mau lanjut ke kelas 4 orang tua saya memilih pindah ke palembang tempat nenek dan kakek saya karena orang tua saya ingin berkumpul dengan keluarga yang ada di palembang. 

Setelah pindah ke palembang sekolah saya juga harus pindah di palembang saya di usulkan untuk bersekolah di SD Muhammadiyah 4 Palembang kerena SD itu tempatnya tidak jauh dari rumah saya di sekolah Muhammadiyah itu baru saya kenal apa itu Muhammadiyah selain itu kakek saya juga adalah orang dari persyarikatan Muhammadiyah oleh karena itu saya harus melanjutkan berorganisasi di muhammadiyah seperti kakek saya. Oke lanjut, selanjutnya saya melanjutkan ke jenjang SMP pada awalnya saya ingin kembali bersekolah di muhammadiyah tetapi saya waktu itu mengikuti tes di SMP Negeri dan hasilnya saya lulus. Jadi saya pilih bersekolah di SMP tersebut yaitu SMP N 37 Palembang. 

Nah di smp tersebut saya belum mengenal apa itu ikatan pelajar muhammadiyah? 3 tahun berlalu saya lulus dari SMP N 37 pada saat itu saya bingung mau melanjutkan ke SMA mana. Beberapa hari setelah UN tingkat SMP, SMA Negeri 7 membuka tes untuk menerima siswa siswi baru dan saya pun mengikutinya tetapi setelah tes tersebut nama saya tidak ada dalam daftar kelulusan tes tersebut.

Setelah dari itu saya mendapatkan info dari ayah saya bahwa ada sekolah muhammadiyah yang lumayan terjangkau. Terjangkau dalam letak sekolahnya dan juga spp nya pun lumayan terjangkau bagi saya dan saya pikir juga sekolah tersebut tersedia semua fasilitasnya sebelum pendaftaran di tutup alhamdulillah saya telah mendaftar di SMA Muhammadiyah 5 Palembang. di EsMuhFive (julukan dari SMA Muhammadiyah 5) pada pertama kali saya mengikuti MOS (Masa Orientasi Siswa) tetapi berbeda namanya di sekolah muhammadiyah yaitu FORTASI (Forum Ta'aruf Siswa).

nah pada saat fortasi tersebut saya baru di jelaskan apa itu Ikatan Pelajar Muhammadiyah! Yang di jelaskan oleh pemateri ke-IPMan banyak sekali kepada saya dan saya mengganggap IPM itu bagus keren dan bisa mengubah kepribadian seseorang. Setengah tahun berlalu bersekolah barulah ada seleksi tes untuk masuk kepengurusan IPM disitu kami di tes dan di seleksi. Setiap kelas mendapatkan kuota anggota sebanyak 10 orang ketika itu saya masuk dalam pilihan wali kelas saya satu bulan setelah penyeleksian kami pun dilantik saat itu saya masuk dalam anggota bidang ASBO 1 tahun berjalan kakak tingkat kami telah habis jabatan lalu diadakan orasi untuk memilih calon ketua umum PR IPM SMA Muhammadiyah 5 saya mencalonkan diri untuk masuk dalam 9 formatur. 

Tetapi saya tidak terpilih menjadi ketua umum setelah itu diadakanlah rapat 9 formatur di pemilihan tersebut saya mendapatkan suara tertinggi ke 3 dari pemilihan tersebut. Setelah rapat itu selesai, saya mendapat amanah untuk menjadi ketua bidang perkaderan nah semenjak saya menjabat sebagai salah satu pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah saat itu saya mulai banyak kenal tentang apa itu IPM. Bersama IPM saya mulai berubah perlahan demi perlahan untuk menjadi lebih baik bersama IPM. di IPM ini saya banyak mendapatkan pelajaran moral, budaya, nilai-nilai islam, banyak suka dan duka selama di IPM, tetapi apakah semua itu mempengaruhi saya di IPM, "Tidak" justru saya jatuh cinta pada IPM dan saya juga ingat 2 kata mutiara tentang IPM yaitu "Jangan tanyakan apa yang IPM beri kepada kalian tapi tanyakanlah apa yang kalian berikan kepada IPM" dan "Jika kalian dapat cinta dari IPM, maka kamu harus cinta kepada IPM" 

Saat ini saya telah di Pimpinan Daerah IPM Kota Palembang yang sebelumnya setelah dari ranting IPM SMA Muhammadiyah 5 masuk ke pengurusan Pimpinan Cabang IPM Ilir Timur 2 Sebagai Anggota bidang dan menjadi sekretaris bidang perkaderan dan saat ini yang saya rasakan adalah saya banyak berterimakasih kepada IPM, dari IPM juga saya banyak mendapatkan prestasi setelah bergabung menjadi kepengurusan IPM selama 4 tahun saya berkontribusi kepada IPM di Pimpinan Daerah saya juga merasakan bahwa ipm itu besar saya banyak berteman dari teman-teman lain yang saat ini berkontribusi di Pimpinan Daerah bahkan kemarin saya Mengikuti Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang ke 20 di samarinda! 

IPM itu sangat besar mulai dari sabang sampai merauke IPM itu ada di seluruh Nusantara. jadi IPM itu besar menurut saya mungkin teman juga merasakan apa yang saya rasakan di Ikatan pelajar Muhammadiyah. 

Terus berjaya IPM ku! 
Teus berkarya dan terus melahirkan generasi yang berkemajuan


IPM...Jaya! 
IPM....jaya! 
IPM....jaya jaya jaya 

 
Terimakasih telah membaca pengalaman saya di IPM
Saya akhiri, 






Nuun Walqolami Wama Yasthurun

Wassalamualaikum. wr. wb

1 komentar: